Apa Itu On Process Di Jasa Pengiriman Barang Logistik

Ketika mengecek paket barang secara online, kadang statusnya bertuliskan ‘on process’. Hal ini menimbulkan pertanyaan mengenai apa itu on process jasa pengiriman? Apakah barang telah dikirim?

Membeli barang secara online memang menjadi kebiasaan masyarakat saat ini. Apalagi Anda tidak perlu pergi kemana-mana. Semua transaksi dilakukan secara online, sehingga tinggal menunggu kurir mengantarkan paket.

Selain berbelanja online, masyarakat juga lebih suka menggunakan ekspedisi untuk mengirim apapun. Mulai dari benda ringan sampai kendaraan dan alat berat.

Sayangnya yang terkadang membuat gelisah adalah status pengiriman barang yang berhari-hari masih ‘on process’. Otomatis banyak yang penasaran artinya on process sebenarnya apa? Bahkan ada juga yang khawatir barang tidak akan sampai tujuan.

Pengertian Status On process dalam Ekspedisi

Saat ini Anda mungkin sedang bertanya-tanya mengenai paket yang statusnya masih ‘on process’. Secara bahasa, terjemahan on process adalah ‘barang sedang dalam proses’.

Nah, pengertian proses itu kan luas. Jika barang Anda berstatus ‘on process’ dalam pengiriman logistik, berarti barang tengah dalam proses pengiriman.

Status tersebut akan berubah jika barang telah sampai di tangan penerima. Barang yang dikirim juga harus melalui beberapa tahapan. Mulai dari pendataan di kantor pengiriman, kemudian mulai dikirim ke gudang, serta yang terakhir diantar ke alamat penerima.

Sebenarnya status ‘on process’ merupakan hal wajar. Tetapi ketika status tersebut tidak berubah selama berhari-hari, di situlah rasa khawatir mulai muncul.

Mengenai berapa lama status ‘on process’ berganti tidak dapat disimpulkan begitu saja. Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa lama pengiriman barang tergantung lokasi penerima.

Tetapi ketika barang telah sampai dan diterima, otomatis statusnya juga akan berubah menjadi ‘delivered’.

Jadi ketika barang Anda masih berstatus ‘on process’ dalam kurun waktu beberapa hari, jangan terlalu khawatir. Jika merasa ragu dan bimbang, jangan takut untuk menanyakan langsung pada pusat pelayanan pelanggan.

Kenapa Status On process Tidak Berubah?

Status ‘on process’ tidak berubah dapat disebabkan oleh beberapa hal. Kemungkinan besar penyebabnya adalah sebagai berikut;

1. Status Resi Belum Update

Hal ini beberapa kali dialami oleh banyak orang. Ambil suatu contoh Anda sedang membeli barang secara online. Dua hari kemudian status barang masih terlihat sampai di kota lain yang lumayan jauh. Tapi tiba-tiba kurir datang membawa paket Anda.

Dari situ Anda sadar bahwa ternyata pihak ekspedisi belum meng-update resi. Sehingga barang telah sampai padahal statusnya masih berada di kota lain.

Peristiwa itu juga berpotensi terjadi beberapa kali dalam pengiriman barang. Jadi ketika status paket Anda tertulis ‘on process’, bisa jadi karena resi belum diupdate jasa pengiriman.

2. Paket Masih Di Perjalanan

Status barang yang ‘on process’ juga menunjukkan bahwa paket masih berada di perjalanan. Apalagi jika kota pengirim dan penerima lumayan jauh.

Anda juga tidak pernah tahu beberapa hal yang menjadi pemicu kendala paket  tidak terkirim dengan cepat. Misalnya cuaca buruk, rute yang sulit, atau kendala lain yang dialami oleh ekspedisi. Bisa jadi paket juga sedang menuju alamat Anda  dan akan sampai dalam waktu yang cepat.

Intinya pengiriman barang jarak jauh tidak mungkin sampai dalam waktu singkat, apalagi jika harus melalui jalur udara atau laut. Banyak proses yang harus dilewati.

Status ‘on process’ itu masih bisa dimaklumi, terutama bagi Anda yang alamatnya jauh dari pengirim.

Anda juga tidak perlu takut untuk menggunakan jasa pengiriman barang. Syaratnya dengan memilih jasa pengiriman terpercaya dan berkualitas.

Tips Memilih Jasa Pengiriman Terpercaya

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan jasa pengiriman yang berkualitas dan terpercaya. Misalnya beberapa pertimbangan berikut:

1. Pelajari Jasa Pengiriman

Sebagai pengguna jasa, Anda harus mempelajari track record jasa pengiriman terlebih dahulu. Caranya dengan mengecek website atau media sosial yang dimiliki.

Bagaimana ekspedisi memberikan pelayanan, serta pertimbangkan kecepatan paket sampai lokasi tujuan.

2. Keamanan Jasa Pengiriman

Keamanan juga menjadi bahan pertimbangan penting untuk pemilihan ekspedisi terbaik. Dengan memilih jasa pengiriman yang aman, barang Anda akan sampai di tujuan dalam keadaan yang baik. Pastinya pilih juga ekspedisi yang memberikan garansi.

3. Tenaga Profesional

Jasa pengiriman yang berkualitas pasti memiliki tenaga atau tim profesional. Maksudnya di sini memiliki pengalaman yang banyak dan telah terjun di bidang pengiriman dalam waktu lama.

4. Mempertimbangkan Harga

Saat ini sudah banyak jasa pengiriman barang. Tapi jika bisa mendapatkan jasa pengiriman harga ekonomis, kenapa mencari yang mahal?

Tetapi jangan hanya terpaku pada harga saja. Pertimbangkan juga kualitas dan pelayanan yang disediakan.

5. Mempetimbangkan Pelayanan

Pilihlah jasa pengiriman yang menyediakan pelayanan pelanggan dengan ramah. Adanya pelayanan pelanggan akan memudahkan Anda dalam berkonsultasi jika menemukan masalah.

6. Pilih Dengan Layanan Lengkap

Jasa pengiriman logistik terbaik pasti memiliki pelayanan yang lengkap. Misalnya dengan menyediakan berbagai alternatif pengiriman barang mulai dari mengantar ke tempat dekat sampai kota yang jauh di seluruh Indonesia.

Sumber : Union Logistics

Sumber :



Relate Topics

Butuh Bantuan? Hubungi Kami di

021 - 2867 - 4849

Hubungi Kami