Smartphone Baru Nokia Bakal Dirilis 11 Oktober?












Digitalindo, Jakarta - HMD Global bakal mengadakan dua acara peluncuran perangkat Nokia pada bulan Oktober 2018.

Pertama, perusahaan Finlandia ini akan menggelar acara peluncuran pada 4 Oktober 2018 di sejumlah kota di Eropa. Belum diketahui, apakah HMD akan mengumumkan ketersediaan Nokia 5.1 Plus atau Nokia 6.1 Plus secara global atau justru merilis perangkat terbarunya.

Pengumuman lain yang juga dinanti oleh fans Nokia adalah sebuah event di India pada 11 Oktober mendatang.

Sebagaimana dikutip Phone Arena, Rabu (3/10/2018), HMD baru mengonfirmasi acara peluncuran ini dengan membagikan undangan kepada media dengan tulisan "important announcement" atau pengumuman penting dan "let the festive season begin" atau "biarkan musim perayaan dimulai".

Kuat kata-kata itu memperlihatkan bahwa HMD bakal memperkenalkan perangkat terbarunya.

Berdasarkan undangan yang dibagikan oleh HMD, kemungkinan besar, perangkat baru ini diumumkan pada 4 Oktober ketimbang 11 Oktober. Mungkinkah perangkat yang bakal dirilis adalah Nokia 9?

Merujuk pada isu yang beredar sebelumnya, Nokia 9 disebut-sebut akan dirilis pada awal tahun 2019. Oleh karenanya, satu-satunya smartphone baru yang mungkin diumumkan HMD Global adalah Nokia 7.1 Plus. Perangkat ini diduga akan hadir dengan prosesor Snapdragon 710.

Peluncuran Nokia 9 Ditunda

Baru-baru ini, tersiar kabar HMD Global tengah bersiap untuk meluncurkan Nokia 9 pada akhir 2018. Sayang, informasi terkini menyebutkan smartphone dengan lima lensa kamera (penta-lens) itu ditunda peluncurannya hingga tahun depan.

Dilansir Phone Arena, Selasa (18/9/2018), keputusan untuk menunda peluncuran smartphone itu diyakini berasal dari Chief Product Office, Juho Sarvikas.

Ia menganggap, Nokia 9 masih belum 'sempurna' dan baru siap diperkenalkan pada Februari 2019 bertepatan dengan gelaran acara MWC 2019 di Barcelona, Spanyol.

Sekadar informasi, ini bukan kali pertama perusahaan menunda peluncuran smartphone teranyarnya.

Sebelum ini, HMD Global juga melakukan hal yang sama ketika meluncurkan Nokia 8 Sirocco di MWC 2018.

Karena keputusannya menunda peluncuran Nokia 9, sejumlah karyawan HMD Global dibuat geram dan diklaim sengaja membocorkan foto smartphone itu di internet beberapa waktu lalu sebagai tindakan balas dendam.

Nokia 9 Lima Kamera

Lebih lanjut, HMD Global memang belum resmi mengeluarkan informasi apapun terkait smartphone flagship baru ini. Namun, bocoran desain perangkat dengan lima lensa tersebut belum lama ini terkuak di internet.

Dari gambar yang diperlihatkan, tampak desain smartphone memperlihatkan kover belakang bertuliskan "Nokia" di tengah.

Sementara, di atasnya bertengger kamera dengan lima lensa, dilengkapi dengan satu lampu LED Flash dan sensor yang ditempatkan dalam bentuk lingkaran.

Pun begitu, menurut informasi yang dilansir Ubergizmo, Kamis (6/9/2018), belum bisa dipastikan soal keaslian bocoran desain ini.

(Tin/Ysl)

https://www.liputan6.com