Info BMKG Jadi Aplikasi Gratis Terpopuler, Kalahkan Instagram dan Tik Tok












Digitalindo, Jakarta - Info BMKG masuk dalam daftar aplikasi terpopuler di toko aplikasi Google Play Store. Dalam 10 aplikasi gratis terpopuler, aplikasi lokal ini berada di posisi ketujuh.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (3/10/2018), aplikasi besutan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ini bahkan mengalah Instagram dan Tik Tok, yang masing-masing berada di peringkat delapan dan sembilan.

Aplikasi Info BMKG sendiri memiliki sejumlah fitur, di antaranya menyajikan informasi prakiraan cuaca dalam tiga harian di seluruh kabupaten/kota di Indonesia disertai cuaca di lokasi pengguna.

Kemudian menyajikan informasi gempabumi terkini M ≥ 5.0 dan gempabumi yang dirasakan, disertai jarak lokasi gempa dengan lokasi pengguna.

Dalam laman Google Play Store dijelaskan informasi gempabumi M ≥ 5.0, diinformasikan dalam waktu kurang lebih 5 menit-an.

Kemudian, gemp abumi yang dirasakan, informasinya akan lebih lama karena membutuhkan data dalam skala modified mercalli intensity (MMI) dari laporan masyarakat.

Bukan itu saja, Info BMKG juga menyuguhkan informasi peringatan dini cuaca di beberapa provinsi Indonesia dan memberikan notifikasi untuk gempa bumi, peringatan dini cuaca, dan siaran pers BMKG.

Review dari Pengguna

Aplikasi Info BMKG sendiri mendapatkan ulasan yang cukup bagus dari sejumlah pengguna. Aplikasi ini bahkan mendapatkan rating 4.3 di Google Play Store.

"Bagus app nya, tapi untuk news update sepertinya perlu pengembangan lebih lanjut agar bisa lebih up-to-date apalagi jika ada pesan hoax mengenai klimatologi yg beredar di medsos . Tambahan buat fitur widget juga seperti nya perlu atar user lebih cepat mengetahui info cuaca dkk lebih cepat di home screen ketimbang membuka app terlebih dahulu," ujar pengguna bernama Edo Pudiyo Raharjo.

Sementara pengguna dengan nama Rovichcool mengatakan, "Keren aplikasinya, kalau bisa di tambah menu widget biar infonya bisa muncul di layar tanpa harus buka aplikasinya dulu. terutama info cuaca dan info penting (gempa,badai dll)."

Namun tak sedikit pengguna yang mengkritik aplikasi Info BMKG. Pengguna bernama Laksamana Meigi menuturkan bahwa aplikasi sering eror.

"Aplikasinya bermanfaat, cuma ini selalu error tidak dapat menemukan lokasi, selalu menampilkan jakarta pusat mulu, mohon perbaikannya," ujarnya.

Kemudian pengguna bernama Yopie menulis, "Tolong diperbaiki sistem GPS-nya. Saya sudah set di High Accuracy tapi lokasi tidak sesuai dengan posisi saya berada. Saya tinggal di bandung, tapi menurut sistem GPS BMKG, lokasi saya di Cimahi, Kab. Kuningan. Sementara Kota Cimahi & Kab. Kuningan jaraknya ratusan kilometer."

(Isk/Jek)

https://www.liputan6.com