Dalam 4 Hari, 3 Gempa di Banten Terasa Hingga Jakarta












Digitalindo, Jakarta - Gempa kembali mengguncang Lebak, Banten hari ini dan guncangannya terasa hingga Jakarta. Ini kali ketiga dalam 4 hari, guncangan gempa Banten terasa hingga Jakarta.

Pekan ini, gempa pertama kali terjadi di Banten pada Selasa (23/1/2018). Pusatnya di Lebak, persisnya 81 km arah barat daya Lebak. Gempa yang terjadi pukul 13.34 WIB itu pusatnya ada di kedalaman 10 km.

Guncangan gempa pada Selasa lalu itu terasa keras di Jakarta dan cukup lama. Warga Jakarta keluar dari rumah dan kantor masing-masing, termasuk para pejabat.
 

Di Banten, lebih dari 1.000 rumah rusak akibat gempa. Ada pula puluhan gempa susulan yang terjadi.

Salah satu gempa susulan terasa di Jakarta pada Rabu (24/1). Waktunya hampir berdekatan dengan gempa pertama di hari sebelumnya, yaitu pada pukul 13.32 WIB.

Gempa pada Rabu (24/1) berkekuatan 5,1 SR dan pusatnya masih di Lebak, Banten. Kedalaman gempa berada di 42 km di bawah permukaan laut dan pusatnya ada di 72 km barat daya Lebak, Banten.

Gempa pada Rabu (24/1) juga terasa di Jakarta, terutama di perkantoran yang ada di gedung tinggi. Namun, gempa pada hari Rabu tidak mengakibatkan kepanikan hingga karyawan yang keluar kantor.

Hari ini, Jumat (26/1) gempa kembali terasa di Jakarta. Pusatnya masih di Lebak, Banten tepatnya 79 km dari sana.

Gempa berkekuatan 5,2 SR ini hanya terasa sejenak di Jakarta. BMKG menginformasikan bahwa gempa juga terasa di Bogor, Tangerang, dan Pandeglang.

Sumber : https://news.detik.com